Relawan Laznas Dewan Da’wah Bantu Rawat Bayi yang Baru Lahir di Pengungsian

Cianjur, dewandakwah.com–Laznas Dewan Da’wah terjunkan para relawan dan tenaga kesehatan untuk membantu perawatan dan menjaga kesehatan para pengungsi, khususnya untuk bayi yang baru lahir dua hari pascagempa Cianjur di Kampung Kramat, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Betul, setiap hari kita datangi tenda-tenda pengungsi, yang paling sering dikunjungi itu tenda yang ada ibu hamilnya, bayi dan lansia, termasuk Ibu Eli ini sudah sering,” ungkap Ustaz Mohammad Sa’id, Koordinator Lapangan Tim Kemanusiaan Laznas Dewan Da’wah.

Rabu, 30 november 2022, relawan Laznas Dewan Da’wah kembali mengunjungi Eli, yang melahirkan di tenda dua hari pascagempa Cianjur terjadi. Terdapat 23 orang berkumpul berada di bawah tenda yang sama dengan Eli.

Tim Relawan Laznas Dewan Dakwah berupaya turun langsung memperbaiki tendanya, memberikan bantuan alas terpal dan selimut, distribusi makanan siap saji, penerangan lampu, paket perlengkapan bayi, hingga mengirimkan relawan tenaga kesehatan untuk merawat ibu dan bayinya.

“Alhamdulillah, sudah didiagnosa adanya keluhan gatal-gatal, batuk, pilek dan demam. Ikhtiar kita sudah bantu resep obatnya,” kata Ramna, bidan relawan Laznas Dewan Da’wah.

Selain Eli, ada sekitar 110 pasien yang sudah dibantu oleh tenaga kesehatan Laznas Dewan Da’wah selama enam hari pascagempa Cianjur. Saat ini total ada 7 relawan tenaga kesehatan, bidan Ramna termasuk 2 diantaranya yang diutus langsung oleh Ustaz Dadhe, Ketua Dewan Da’wah Kabupaten Subang.

Kamis (1/12) tim kedua Laznas Dewan Da’wah pusat juga telah berangkat ke lokasi untuk melanjutkan respons aksi bantuan dari tim pertama. Tim melanjutkan distribusi bantuan terpal untuk mushala darurat dan pendataan para pengungsi untuk kemudian distribusi tenda-tenda prioritas, khususnya untuk para ibu hamil, ibu yang baru melahirkan, dan para lansia.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *