Kemenag Perpanjang Izin Resmi Yayasan Dewan Da’wah Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional

Jakarta, dewandakwah.com- Kementerian Agama memperpanjang izin resmi Yayasan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama terkait hal ini diberikan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI, Drs. H. Tarmizi Tohor, MA.

“Berzakatlah ke tempat yang resmi. Kenapa? Karena bisa dipertanggungjawabkan, bisa memperbaiki ekonomi umat,” kata Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kemenag RI, Drs. H. Tarmizi Tohor, MA saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI, Nomor 775, Tanggal 22 Juli 2022.

Melalui SK ini, artinya Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Dewan Da’wah secara resmi kembali mendapat perpanjangan perizinan operasional untuk lima tahun ke depan dari Kementerian Agama, yaitu dari tahun 2022 sampai dengan tahun 2027.

Dalam kesempatan itu Tarmizi Tohor juga menyampaikan materi Strategi Pengelolaan Zakat Amil. Ia berpesan agar Laznas Dewan Da’wah sebagai lembaga zakat resmi, pengelolaan zakat harus taat terhadap aturan syariah dan aturan negara.

Oleh karena itu, lanjutnya, lembaga harus mempunyai program, sumber daya manusia (SDM), kantor, dan anggaran sehingga banyak orang yang akan berzakat, dan mereka tidak hanya selamat di dunia tapi juga di akhirat.

“Enak sungguh buah coklat, soklat didapat dari sahabat, kalau tuan dan puan berzakat, Insyaa Allah selamat dunia akhirat,” tutur Tarmizi berpantun menutup materi yang ia sampaikan.

Sementara itu, Direktur Laznas Dewan Da’wah, Tjaturadi Waludjo menyampaikan rasa syukur dengan diperpanjangnya izin Laznas Dewan Da’wah sebagai lembaga zakat resmi nasional.

“Alhamdulillah, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memperpanjang izin laznas. Semoga dengan perpanjangan izin resmi ini, Laznas Dewan Da’wah semakin bisa menebar manfaat zakat untuk umat di penjuru negeri. Aamiin,” katanya, Kamis (22/9/2022) di Gedung Dewan Da’wah lantai 8.

Turut hadir dalam acara ini, Andi Yasri, Kasubdit Kelembagaan dan Informasi Zakat dan Wakaf, dan Nur Uyun, Analisis Kebijakan Ahli Muda pada Seksi Identifikasi dan Inventarisasi Zakat Kemenag RI.

Acara penyerahan SK dan pengarahan ini diikuti oleh para amil Laznas Dewan Da’wah pusat dan daerah, baik yang hadir secara langsung maupun daring.

Sebelumnya, karya nyata Laznas Dewan Da’wah telah menuai banyak penghargaan, antara lain pada tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Menteri PPPA memberikan Laznas Dewan Da’wah penghargaan atas upaya di bidang perlindungan anak khususnya bagi yatim, piatu dan yatim piatu korban Covid-19.

Selain itu, pada tahun 2021 Laznas Dewan Da’wah meraih penghargaan sebagai Lembaga Fundraising Infak Berbasis Ormas Terbaik dalam ajang Indonesia Fundraising Award (IFA) yang digelar Institut Fundrising Indonesia.

Laznas Dewan Da’wah juga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) untuk laporan keuangan di tahun 2020. Ini merupakan WTP yang diraih Laznas Dewan Da’wah selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2015.

Selain itu, Laznas Dewan Da’wah juga terlibat aktif dalam Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ), sebuah asosiasi lembaga pengelola zakat yang bersifat nirlaba dan independen, yang menjadi wadah berhimpun Lembaga Amil Zakat (LAZ), terutama yang berbasis organisasi masyarakat Islam. POROZ dideklarasikan pada Jumat, 9 Februari 2018, bertepatan dengan 23 Jumadil Awal 1439 Hijriyah. Saat ini POROZ memiliki sekretariat di Menara Da’wah, Jl. Kramat Raya No.45, Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *