Kepada 200 Ribu Mahasiswa Baru PTN, Luruskan Niat Siapkan Adab

Oleh: Dr. Adian Husaini (Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia)

Tahun 2022 ini, 125 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia menerima 213.406 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jumlah pendaftarnya mencapai 800.852 peserta. Artinya, hanya 24,07 persen yang diterima. Jadi, kesempatan untuk mencari ilmu di PTN memang masih diperebutkan oleh banyak lulusan SMA. Karena itu, bagi yang lulus SBMPTN, hal itu patut disyukuri.

Tapi, jangan lupa, pada saat sama, ada tantangan dan tanggung jawab berat menanti. Karena itu, sebelum menjalani kuliah di PTN, luruskan niat, siapkan benar-benar adab dan ilmu-ilmu fardhu ain. Keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat adalah tujuan tertinggi dari pendidikan.

Tahun 2021 lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan bahwa ada 184.942 peserta dinyatakan lulus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), melalui UTBK-SBMPTN 2021. Jumlah pendaftar SBMPTN tahun ini mencapai 777.854 orang. Jadi, yang lulus adalah 23,78 persen dari jumlah pendaftar.

Hingga kini, PTN masih menjadi tujuan utama para lulusan SMA untuk melanjutkan studinya. Itu bisa dimengerti. Disamping memiliki fasilitas memadai dan kualitas dosen yang baik, PTN masih dipersepsikan sebagai jalur utama meraih sukses kehidupan. Para mahasiswa baru di sebuah program studi PTN.

Dengan reputasi akademiknya yang panjang, PTN masih menjadi tujuan utama para para lulusan SMA untuk melanjutkan jenjang pendidikannya. Dengan itu, PTN mendapat input mahasiswa-mahasiswa dengan kualitas intelektual di atas rata-rata. Merujuk kepada pasal 31 ayat (3) UUD 1945, dengan segala kelebihan dan fasilitasnya, sebenarnya tanggung jawab PTN sangatlah berat dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Tanggung jawab PTN yang utama adalah mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana diamanahkan dalam UUD 1945 dan UU Pendidikan Tinggi, yakni: “melahirkan sarjana dan lulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, dan mandiri. Jadi, tujuan PTN bukan hanya melahirkan alumni yang bisa mencari makan dan menduduki jabatan tinggi dalam pemerintahan atau perusahaan.

Karena itu, ucapan yang sangat penting untuk disampaikan kepada mahasiswa baru PTN adalah: luruskan niat, siapkan adab! Tujuan utama mencari ilmu adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat, agar lulusan PTN nantinya bisa menjadi orang baik dan berguna bagi sesama. Tujuan utama bukan jadi pejabat atau jadi orang kaya, tetapi menjadi orang yang berguna. Jangan jadi pejabat jika merugikan masyarakat. Jangan jadi orang kaya jika sombong dan bakhil.

Itulah pentingnya niat dan adab. Syekh Al-Zarnuji, dalam kitabnya, Ta’limul Muta’allim, menyebutkan dua syarat untuk meraih ilmu yang bermanfaat, yaitu niat yang benar dan beradab dalam mencari ilmu. Niatkan mencari ilmu untuk menjadi orang baik. Bukan hanya agar bisa mencari makan.

Adab menjadi prasyarat untuk meraih ilmu yang tinggi. Jangan sampai seorang menjadi sarjana yang pintar dalam bidang kedokteran, tetapi akhlaknya bejat. Misalnya, ia serakah dunia dan pembohong. Jangan sampai seorang sarjana pintar dalam ekonomi tetapi ia tidak tahu mana halal dan mana yang haram. Jangan sampai mahasiswa menjadi manusia durhaka kepada orang tua. Atau, jika ia aktivis Islam, jangan sampai terjebak dalam paham-paham ekstrim yang membenci dan mengkafirkan sesama muslim.

Jika ada mahasiswa baru PTN yang belum menguasai adab, ibadah, pemikiran Islam yang benar, serta ketrampilan komunikasi yang baik, maka sepatutnya mereka meluangkan waktu untuk belajar itu semua kepada guru-guru yang berkompeten. Itu sesuai dengan konsep atau model klasik Pendidikan Islam, yang mendahulukan adab atau akhlak mulia, mengutamakan ilmu-ilmu yang fardhu ain, dan memilih ilmu-ilmu fardhu kifayah yang tepat.

Kita doakan semoga para mahasiswa baru yang akan menjalani kuliah di PTN memiliki niat yang ikhlas dan landasan adab yang baik. Dengan itu, insyaAllah mereka akan mendapat ilmu yang bermanfaat dan menjadi manusia yang berguna pada sesama. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *