KH Didin Hafidhuddin: Gali Potensi Umat, Jangan Fokus Pada Masalah

Jakarta, dewandakwah.com- Ketua Pembina Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia KH Didin Hafidhuddin menilai selama ini umat terlalu fokus membahas problem-problem internal.

“Kita lebih banyak berbicara masalah, problem. Seolah-olah kita hidup ini penuh dengan masalah. Tidak ada jalan keluar bagaimana mengatasi masalah,” ungkap Kiai Didin saat memberi tausyiah pada Haflah dan Silaturahim Idul Fitri 1443 Hijriah di aula Masjid Al Furqan Kramat Raya 45, Jakarta Pusat, Sabtu (28/5/2022).

Padahal menurut Kiai Didin, umat Islam memiliki berbagai macam potensi. Dengan sibuk membahas dan menggali potensi umat, maka rasa optimisme dalam memperjuangkan Islam terus membara.

“Sebenarnya kita ini adalah umat yang memiliki berbagai macam potensi. Jadi umat Islam itu di dalam Alquran disebut dengan ummatan wasathan, sebagai umat pertengahan,” kata Kiai Didin.

Ketika potensi umat ini tergali, jelas Kiai Didin, maka ini menjadi solusi mengatasi problem-problem internal umat.

“Dengan potensi itu Insya Allah, dengan ketekunan, dengan pertolongan Allah kita akan mengatasi masalah masalah problematika yang kita hadapi,” jelas Kiai Didin.

Salah satu potensi umat yang bisa digali adalah ekonomi syariah. Sebagai ajaran komprehensif, Islam mengatur aspek kehidupan seperti politik hingga ekonomi.

Dikatakan Kiai Didin, saat ini negara-negara di dunia tengah mengalami kebangkrutan ekonomi karena praktek ekonomi ribawi.

“Allah menghancurkan riba dan menghidupkan sodaqoh. Allah akan mengembangkan sodaqoh. Sodaqoh yang bisa kita lakukan,” ungkap Kiai Didin.

Kiai Didin berharap pemikiran ekonomi syariah ini menjadi perhatian pengelola STID Mohammad Natsir.

“Disamping masalah akidah, persoalan ekonomi syariah ini perlu kita perhatikan,” tandas Kiai Didin. (Syafaat/Dudy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *