Fatwa Kebangsaan Dewan Da’wah, Upaya Mengokohkan NKRI

Mojokerto, dewandakwah.com – Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Dr. Adian Husaini mengatakan, Fatwa Kebangsaan yang dikeluarkan saat Rakornas Dewan Da’wah di Padang beberapa waktu lalu merupakan upaya untuk mengokohkan NKRI.

Hal tersebut disampaikan Dr. Adian dalam paparan usai shalat Subuh di acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Dewan Da’wah Jawa Timur, Ahad (20/3/2022).

“Munculnya Fatwa Kebangsaan Dewan Da’wah ini dalam rangka untuk menegakkan NKRI. Dan fatwa ini untuk seluruh umat Islam meskipun yang mengeluarkan Dewan Da’wah,” tegas Dr. Adian.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, keluarnya Fatwa Kebangsaan dilandasi pula dengan fatwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari.

“Jadi fatwa ini sebagai panduan dan pijakan kebangsaan bagi bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Masih menurut Dr. Adian, jika kita kembali ke sejarah bangsa ini, seluruh tokoh dan ulama meneguhkan NKRI karena memiliki landasan dan pengamalan agama yang kokoh.

“Munculnya Fatwa Kebangsaan, sesungguhnya untuk mengokohkan negeri ini. Juga agar para da’i tidak ragu berbuat baik untuk bangsa Indonesia,” tegasnya.

Karena, wawasan kebangsaan bagi Dewan Da’wah sudah pernah dicontohkan dan diteladankan tokoh-tokoh Dewan Da’wah seperti M. Natsir, Syafruddin Prawira Negara, Mohammad Roem, dan lainya.

“Seluruh tokoh Islam Indonesia sangat nasionalis. Dan sangat menjaga semangat kebangsaan ini dengan menjalankan syariat Islam,” tambahnya.

Bahkan penyelenggaraan syariat Islam, sesungguhnya telah berjalan dan hukum-hukum Islam telah diterapkan. Salah satunya bisa disaksikan dengan lahirnya Badan Arbitrase Muamalat Indonesia yang digagas oleh tokoh Dewan Da’wah, almarhum Hartono Mardjono.

Rep: Humas Dewan Da’wah Jatim

Red: Dudy S.Takdir

Leave a Reply

Your email address will not be published.