Dewan Da’wah Yogyakarta Gelar Pelatihan Intensif Imam, Khatib, dan Dai Ramadan

Yogyakarta, dewandakwah.com – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Kota Yogyakarta mengadakan pelatihan intensif imam, khatib, dan dai Ramadan. Pelatihan ini diikuti 29 peserta dan bertempat di Gedung Islamic Center Masjid Hidayah Al Ma’ruf Joyonegaran, Yogyakarta.

Ketua Pengurus Wilayah Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Ustaz H. Cholid Mahmud mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan karena pada hakikatnya dakwah bertujuan mengajak seseorang kepada sesuatu yang menyenangkan dan mendatangkan kebahagiaan dunia-akhirat.

“Maka seorang dai hendaknya tidak menunggu dipanggil, tetapi harus aktif mengajak kepada kebaikan dan dimulai dari diri sendiri serta keluarga,” kata Ustaz Cholid dalam siaran persnya.

Sementara Ketua Dewan Da’wah Kota Yogyakarta, Ustaz Ahmad Mustafid mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi bagi pemuda agar mengambil peran dalam jalan dakwah.

Selain itu juga mengajak mereka agar selalu peduli terhadap pembangunan peran jalan dakwah, peduli terhadap pembangunan umat melalui kegiatan dakwah yang menyejukkan.

“Sekaligus memberi bekal yang benar tentang pelaksanaan khutbah, menjadi imam masjid maupun sebagai dai,” ujar Ustaz Ahmad.

Dia melanjutkan, program pelatihan ini tidak memungut biaya sama sekali alias gratis untuk para peserta yang mengikutinya, namun materi yang diberikan cukup variatif dan lengkap.

Adapun materi yang diberikan yakni Motivasi Dakwah bagi Generasi Millenial diberikan oleh Ustadz H. Cholid Mahmud, MT, Tahsin dan Teknik Menghafal Al Qur’an oleh Ustadz Rifqy Muhammad Ramadhan Al Hafidz, Retorika Dakwah oleh Ustadz H. Deddy A. Jabir, SIP, M.Si, Menjadi Imam yang Baik oleh Ustadz Drs. H. Evan Riyanto, dan Prinsip-prinsip dalam Khutbah dan Praktiknya oleh Ahmad Mustafid.

“Di samping memperoleh bekal ilmu, semua peserta juga mendapat fasilitas berupa Buku Modul Pelatihan, Blocknote, dan makan malam selama pertemuan,” pungkas Ustaz Ahmad.

Redaktur: Daulat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *