Pesan Ulama Minang pada Rakornas Dewan Da’wah

Padang, dewandakwah.com – “Da’watuna Da’wah Ilallah”. Begitulah pesan yang disampaikan tokoh dan ulama Minangkabau Buya Mas’oed Abidin pada acara pembukaan Rakornas dan Haflah Tasyakkur 55 Tahun Dewan Da’wah pada Kamis malam, 24 Februari 2022 bertempat di Istana Gubernur Sumatera Barat.

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah beserta utusan dari 28 provinsi Dewan Da’wah.

Dalam tausyiahnya, Buya Masoed Abidin menceritakan kisah dakwahnya ketika ditugaskan oleh Mohammad Natsir. Kisah-kisah da’wahnya dibukukan dalam sebuah buku berjudul “Islam dalam Pelukan Muhtadin Mentawai” yang ditulis pada 1997.

“Ingat zaman selalu berubah, musim selalu berganti. Kita harus memahami perubahan zaman dan musim, karena yang tidak memahami hal tersebut akan terbawa arus,” ujar Buya Masoed.

Kemudian ia mengutip pernyataan Mohammad Natsir pada akhir hayatnya kepada almarhum Ustaz Muzayyin Abdul Wahab.

“Da’watuna Da’wah Ilallah,”. Apapun kelompoknya dan organisasinya, kekuatan kader dakwah terletak pada pesan Natsir da’watuna da’wah ilallah.

“Orang tua kita dulu mengingatkan, hidupkan da’wah bangun negeri. Jangan lari dari cobaan karena dibelakangnya ada nikmat terbesar. Da’i tidak mengenal istirahat, da’i akan mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan dirinya sendiri,” tutup Buya Masoed.


Laporan: Madeni Al Lomboky/Editor: Ibnu Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.