Korp Mubaligh Pusdiklat Dewan Da’wah Kembali Gelar Training Leadership Imam dan Khatib

Bekasi, dewandakwah.com – Korp Muballigh Pusdiklat Dewan Da’wah kembali menggelar Training Leadership Imam & Khatib Batch 4 yang berlangsung di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Da’wah (STID) Mohammad Natsir Bekasi, pada Ahad (13/2/22). Training bekerjasama dengan Bidang Bina Masjid Dewan Da’wah, DKM Al Bahr, Da’wah Leadership, dan Visual Bisnis Studios.

Training ini menghadirkan Wakil Ketua MUI Pusat, KH. Dr. Jeje Zaenudin, MA sebagai keynote speaker sekaligus menjadi dewan juri pada sesi audisi peserta. Kiai Jeje mengapresiasi dengan berlangsungnya acara ini. Acara ini bermanfaat bagi para imam dan khatib/da’i, karena kalau da’inya biasa-biasa saja maka akan mendapatkan jama’ah yang biasa-biasa juga.

Materi leadership imam disampaikan disampaikan oleh Ustaz Aswan Haidi, M.Pd.I sebagai trainer Da’wah Leadership sekaligus menjabat sebagai Ketua Bidang Bina Masjid Dewan Da’wah Pusat.

Adapun materi leadership khatib disampaikan oleh Ustaz Muhammad Hanif, selaku Ketua Korps Mubaligh Pusdiklat Dewan Da’wah, founder Da’wah Leadership, dan juga mentor Leadership Charisma Class.

“Tujuan training ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas dan atau menjadi imam dan khatib/da’i yang profesional, handal dan memukau. Sehingga berbekas di benak para jamaah,” jelas Ustaz Aswan dalam keterangan kepada mediadakwah.id, Selasa (15/02).

Acara ini diikuti oleh 50 peserta dari wilayah Jabodetabek dan Lampung, terdiri dari utusan DKM masjid, masjid Perusahaan/Perkantoran. Tarining dipandu oleh Andi Marwan, selaku Sekretaris DKM Al Bahr pusdiklat Dewan Da’wah.

“Training Leadership dikemas secara profesional dan elegan memberikan materi yang sangat banyak manfaatnya dan tidak didapatkan pada pelatihan pada umumnya, yaitu: teknik full body communication, tehnik khutbah yang memukau, dan formula retorika khatib yang meyakinkan dan berkesan,” lanjutnya.

Adapun yang berkaitan dengan keimaman, peserta diberikan materi: teknik menjadi imam yang berkesan, tehnik meluruskan shaf, mengatur nafas dan suara, serta irama yang indah dan serasi. 

Setelah peserta dibekali ilmu tersebut, maka pada sesi terakhir diadakan kompetisi audisi imam dan khatib antar kelompok peserta yang langsung dinilai oleh juri. Dewan juri terdiri dari Wakil Ketua MUI Pusat (Ustaz KH. Dr. Jeje Zainuddin, MA), Ketua Bidang Bina Masjid Dewan Da’wah Pusat (Ust. Aswan Haidi, M.Pd.I), dan Ketua Korp Muballigh Pusdiklat Dewan Da’wah (Ust. Muhammad Hanif, M.Pd.I). Lima Peserta terbaik dalam audisi tersebut diberi hadiah istimewa. 

“Alhamdulillah training yang dikemas dengan menarik ini mendapatkan antusias dan tanggapan positif dari para peserta. Peserta berharap bisa mengadakan training semacam ini di daerahnya masing-masing,” pungkas Ustaz Aswan.

Red: Ibnu Syafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.