Dewan Da’wah Luncurkan SEMARAK 2022, Ayo Dukung!

Jakarta, dewandakwah.com – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (Dewan Da’wah) meluncurkan program gerakan Sedekah Amal untuk Rakornas (SEMARAK) 2022.

Program ini bertujuan untuk menyukseskan Rapat Koordinasi Nasional Dewan Da’wah yang rencananya akan diselenggarakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 24-26 Februari 2022.

Ketua Umum Dewan Da’wah, Dr. Adian Husaini mengatakan, program SEMARAK Dewan Da’wah 2022 memiliki peranan yang strategis untuk mendukung aktivitas dakwah para dai dan ulama kepada masyarkaat.

“Dewan Da’wah pada bulan Februari 2022 insya Allah akan berusia 55 tahun. Saya meminta dukungan supaya dakwah ini agar tetap ada supaya kita tidak menjadi hina karena telah meninggalkan dakwah,” kata Dr. Adian dalam pidato akhir tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring, Selasa (28/12/2021) malam.

Dia melanjutkan, aktivitas dakwah seperti siklus air hujan. Ketika hujan turun di suatu daerah maka setiap tetesannya akan menghidupkan bumi. Kemudian air hujan yang telah turun itu kembali menguap dan berpindah ke tempat lain agar dapat menghidupkan tanah yang lainnya.

Dari analogi air hujan di atas, Dr. Adian menjelaskan dakwah juga tidak boleh berhenti dan ditinggalkan, karena berkat dakwahlah umat Islam ada sampai sekarang. Selain itu meninggalkan dakwah juga akan menyebabkan Allah menurunkan azabnya kepada manusia.

“Jika sudah meninggalkan dakwah, maka kata Rasulullah nanti kita akan dipimpin oleh orang-orang yang paling jahat di antara kita. Orang-orang yang saleh berdoa kepada Allah pun tidak akan dikabulkan doanya,” kata Dr. Adian.

Makanya untuk melanjutkan dakwah diperlukan juga kaderisasi dai dan ulama. Mereka akan dididik sampai menjadi doktor sekaligus dikader untuk menjadi seorang ulama.

Meskipun dalam keadaan kekurangan dan kesulitan pendanaan karena pandemi betul-betul membawa dampak yang besar, tetapi kaderisasi dai harus terus berjalan.

“Sebab dalam keadaan perang saja, Alquran memerintahkan agar tidak semuanya ke lapangan tetapi harus ada yang tafaqquh fiddin alias belajar memperdalam agama Islam,” ujarnya.

Maka dari itu, Dr. Adian juga mengimbau kelompok-kelompok dakwah di Indonesia untuk merapatkan barisan dan saling menguatkan layaknya bangunan yang kokoh.

Meskipun Dr. Adian juga tidak memungkiri jika dakwah akan menghadapi tantangan berupa perbedaan pandangan, namun dia yakin jika kelompok dakwah tersebut tetap memegang amanah dakwah, maka tujuan membentuk pribadi Muslim yang kokoh akan terwujud.

“Pribadi Muslim inilah yang nanti akan mewujudkan tatanan sosial kemasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sehingga negara kita ini akan didorong dan diperjuangkan menjadi negeri Muslim yang baik,” ujarnya.

Donasi Online untuk Program SEMARAK (Virtual account, Link Aja, dll):
http://s.id/semarak-rakornas

Rekening Donasi:
Bank Syariah Indonesia – 768 768 8777
a.n. Dewan Da’wah Infaq Club

Konfirmasi/Informasi
wa.me/628118810267

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *