Gelar Rakerda, Dewan Da’wah Cilegon Kokohkan Visi Jaga NKRI dengan Dakwah

Cilegon, dewandakwah.com – Menjelang penghujung akhir tahun, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Kota Cilegon sukses melaksanakan rapat kerja daerah dengan mengusung tema “Konsolidasi Organisasi Menuju Da’wah Profesional”.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum (Waketum) V Dewan Da’wah Pusat, DR. Imam Zamroji, MA menyampaikan bagaimana peran dan fungsi Dewan Da’wah di tengah umat dan bangsa.

“Salah satu peran dan fungsi yang disebutkan adalah Dewan Da’wah sebagai penjaga martabat bangsa dan keutuhan NKRI,” tegasnya.

Karena itu, lanjutnya, di setiap tarikan nafas perjuangan dakwah, harus memuat dua unsur yang tidak bisa dipisahkan, yakni Islam dan bangsa.

Dalam rapat yang digelar Jum’at sampai Ahad, 26-28 November 2021 itu, Ketua Dewan Da’wah Provinsi Banten, DR. H. M. Syamsuddin, M.Pd menyampaikan peta da’wah di provinsi Banten.

“Ini untuk menjadi bekal pengurus Dewan Da’wah Kota Cilegon dalam membuat program kerja serta implementasinya di kemudian hari,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Cilegon H. Lukmanul Hakim, S.Pd.I., M.Si., menyambut baik usaha yang dilakukan pengurus Dewan Da’wah Kota Cilegon dengan menyampaikan peranan kemenag dalam pembinaan organisasi-organisasi masyarakat di Kota Cilegon.

“Sehingga kedepannya diharapakan terjalin kerjasama yang positif antara Kemenag Kota Cilegon dengan Dewan Da’wah,” kata dia.

Rapat kerja daerah yang dilaksanakan di Islamic Center Kota Cilegon juga dihadiri oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cilegon, KH. Abdul Karim Ismail. Ia menyampaikan kepada para pengurus peranan FKUB dalam pembinaan kerukunan umat beragama di Kota Cilegon .

“Saya berharap Dewah Da’wah bisa bersama-sama dalam membina dan memelihara kerukunan umat beragama di Kota Cilegon,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan profesionalisme da’wah, Ketua Bidang Organisasi Dewan Da’wah Prov. Banten Drs. H. Tata M. Fatah, M.Pd. menyampaikan unsur-unsur penting yang harus dimiliki oleh pengurus demi terwujudnya da’wah yang profesional. Menguatkan hal itu, H. Teten Romly Qomaruddin, MA selaku Ketua Bidang Kajian dan Gazhwul Fikri Dewan Da’wah Pusat juga mengingatkan pentingnya semangat keilmuan dan keimanan dalam mewujudkan hal tersebut.

Reporter: Dwi Sulistiyo

Redaktur: Dudy S.Takdir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *