Alumni STID Moh. Natsir Harus Berkontribusi Maksimal untuk Masyarakat

Jakarta, dewandakwah.com – Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (Dewan Da’wah), Dr. Adian Husaini, meminta para alumni Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir untuk memberikan kontribusi yang maksimal kepada masyarakat.

Dr. Adian mengatakan, kontribusi yang maksimal kepada masyarakat merupakan salah satu wujud dari misi dakwah yang diemban oleh Mohammad Natsir dahulu yaitu memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Mosi Integral pada 3 April 1950 silam.

“Bagaimana caranya memperkokoh NKRI? Ya, dengan memperkuat masyarakat. Insya Allah alumni STID akan menjadi pemimpin dan tokoh di tengah masyarakat, yang mampu memberikan manfaat kepada lingkungannya,” kata Dr. Adian dalam pidato Wisuda Sarjana ke XI STID Mohammad Natsir, Sabtu (27/11/2021).

Lebih lanjut Dr. Adian menyatakan, mengemban amanah sebagai sivitas akademika STID Mohammad Natsir merupakan amanah yang lumayan berat. Maka diharapkan seluruh sivitas akademika mampu menghayati betul pemikiran-pemikiran Pak Natsir dalam proses mendidik anak-anak bangsa.

“Pendidikan itu adalah proses membentuk manusia seutuhnya, bukan sekadar melahirkan manusia sebagai pekerja atau mendapatkan ijazah,” tegasnya.

Namun dia yakin para alumni STID Mohammad Natsir mampu memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat, menjadi pemimpin dan tokoh panutan di tengah-tengah mereka, serta memberdayakan masyarakat agar mampu meningkatkan kapabilitas mereka.

Maka Dr. Adian meminta para alumni terutama wisudawan yang telah lulus pada hari ini agar tetap pula menjaga nama baik STID Mohammad Natsir, di samping memberikan solusi yang konkret terhadap masalah-masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat.

“Kita harus bisa memberikan kontribusi kepada mereka, jangan malah menjadi beban bagi mereka. Tetap meminta pertolongan kepada Allah, mudah-mudahan misi yang mulia ini berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Sementara Rektor STID Mohammad Natsir, Dr. Dwi Budiman Assiroji mengatakan, jumlah alumni yang kini semakin banyak merupakan potensi besar yang dapat dioptimalisasikan untuk kepentingan dakwah secara nasional.

Jumlah alumni STID Mohammad Natsir diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar baik untuk kampus, alumni secara keseluruhan, ataupun masyarakat Indonesia secara umumnya.

“Alumni dapat berperan aktif di tengah masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi yang konkret. Saya meminta para alumni untuk berkontribusi kepada masyarakatnya masing-masing,” kata Dr. Dwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *