Dewan Da’wah DKI Siap Jadi Pusat Kaderisasi Ulama Muda di Tanah Betawi

dewandakwah.com – Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi DKI Jakarta siap menjadi pusat pengkaderan dai dan ulama muda di tanah Betawi. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Dewan Da’wah DKI Jakarta dengan Dewan Da’wah Pusat di Gedung Menara Dakwah, Selasa (5/10/2021).

“Silakan data potensi ulama-ulama muda kita, ini akan kita seriusi siapa saja yang bisa kita kader menjadi dai dan ulama muda di DKI,” kata Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Dr Adian Husaini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Dewan Da’wah secara nasional akan segera membentuk Himpunan atau Persatuan Dai, untuk lebih meningkatkan kualitas mereka.

“Sehingga kita melakukan pembinaan kepada para dai, supaya kita juga punya standarisasi dai versi Dewan Da’wah,” tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta para kader Dewan Da’wah di DKI Jakarta yang berjuang memakmurkan masjid perlu dikoordinasikan.

“Para kader Dewan Da’wah yang menjadi khatib masjid di Jakarta perlu diintegrasikan ke dalam Dewan Da’wah DKI,” katanya.

Hal itu disambut oleh Ketua Dewan Da’wah DKI Jakarta, Ustadz Zaenal Muttaqin. Ia mengungkapkan, rencana yang demikian pernah disepakati. Dewan Da’wah DKI akan mengurusi para dai secara mandiri.

Selain itu, Dewan Da’wah DKI Jakarta juga berencana membentuk bidang baru, yakni Bidang Pelayanan Sosial dan Penanggulangan bencana.

“Karena biasanya bila terjadi bencana yang diterjunkan hanya satu-dua orang saja, sedangkan saat penanganan bencana butuh banyak relawan yang juga siap untuk memberikan layanan dakwah, seperti tempat ibadah, khatib, dll,” jelas Ustadz Zaenal.

Pengurus pusat menyambut rencana itu, karena dapat memiliki potensi besar untuk berkiprah secara nasional. Hanya saja Dewan Da’wah DKI Jakarta diminta memikirkan bagaimana strateginya agar tidak overlapping dengan relawan yang sudah ada di Laznas Dewan Da’wah.

Red: Dudy S.Takdir

Sumber: mediadakwah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.