Enam Rektor Jadi Narasumber Pelatihan Kader Da’i Kampus Dewan Da’wah

dewandakwah.com – Pelatihan Kader Da’i Kampus merupakan sebuah wadah untuk melahirkan Da’i Ilallah yang berasal dari kampus. Program yang digagas oleh Bidang Bina Kampus Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia ini, menghadirkan enam rektor peguruan tinggi ternama di Indonesia sebagai narasumber. Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum V Bidang MPK Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia juga menjadi narasumber acara tersebut.

Dalam pembukaannya, Ketua Umum Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Dr. Adian Husaini mengatakan masa depan Indonesia tergantung kepada umat Isam.

“Karena umat Islam adalah umat mayoritas dan salah satu ciri bangsa yang menang adalah bangsa pejuang,” katanya di acara yang dilaksanakan secara daring selama empat hari yaitu tanggal 18,19, 25 dan 26 September 2021.

Lebih lanjut Dr. Adian mengatakan, ia optimis Indonesia masih punya masa depan dengan anak-anak muda terbaik. “Saya optimis karena anak-anak muda saat ini banyak yang lebih baik dari saya, itu yang membuat saya masih berharap, kedepan Indonesia masih punya harapan,” ungkapnya.

Setelah itu ada pemaparan dari narasumber kedua, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D selaku Rektor Universitas YARSI. Ia menyampaikan materi dengan tema Membangun Idealisme Mahasiswa Sebagai Sosok Pejuang Penegak Kebenaran. Acara pertama ini dimulai dari jam 09:00 sampai 12:00 dengan dihadiri sekitar 237 peserta.

Hari kedua, 19 September 2021 dimulai dengan sosialisasi Program Kader Da’i Kampus oleh Ketua Bidang Bina Kampus Muhammad Hanif, M.Pd.I. Selain itu, acara hari kedua ini juga menghadirkan Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Drs. Bedjo Santoso, MT., Ph.D. dan Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D. Acara hari kedua dihadiri oleh sekitar 200 peserta dengan suasana diskusi yang interaktif.

Rektor STID Mohammad Natsir, Dr. Dwi Budiman Assioji, M.Pd.I dan Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Prof. Musni Umar, SH. M.Si.Ph.D menjadi pemateri pada hari ketiga. Pada hari ketiga peserta mendapatkan gambaran sosok teladan dalam gerakan da’wah setelah Dr. Dwi menyampaikan materi dengan tema meneladani Pemikiran dan Akhlak Dari Mohammad Natsir. Selain itu, Prof. Musni Umar semakin menambah semangat peserta dengan penyampaian khas seorang aktivis. Sehingga peserta banyak yang bertanya tentang sosok Mohammad Natsir.

Hari terakhir yakni 26 September 2021, Pelatihan Kader Da’i Kampus yang menjadi narasumber adalah Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Dr. Endin Mujahidin, M.Si Rektor dan Wakil  Ketua Umum V, Dr. Imam Zamoji, MA . Dalam penyampaiannya Dr. Ending mengingatkan para peserta agar berilmu sebelum berdakwah, sabar dalam berdakwah dan lunak tatkala berdakwah. Sementara itu Dr. Imam Zamroji mengajak para peserta agar mengambil bagian di jalan da’wah. Pada sesi diskusi ada seorang peserta dari Australia yang berharap kepada Dewan Da’wah agar mengirimkan da’inya untuk berdakwah disana. Akhirnya acara Pelatihan Kader Da’i Kampus ditutup oleh Dr. Imam Zamoji.

Rep: Yoga Taufik Pratama

Red: Dudy S.Takdir

Sumber: mediadakwah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *