Dewan Da’wah Sepakat Galang Solidaritas untuk Palestina

Jakarta, dewandakwah.com – Wakil Ketua MPR yang sekaligus Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional, Dr. (H.C.) H. Zulkifli Hasan, SE, MM di hadapan Pengurus Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, menyampaikan keprihatinannya yang mendalam terhadap negeri Palestina yang diporakporandakan Zionist Israel.

Hal tersebut disampaikan Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan di ruang rapat Dewan Da’wah, Rabu, (19/5/2021) dalam kesempatan silaturahimnya sebagai Wakil Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum PAN bersama dengan fungsinoris DPP PAN ke Pengurus Dewan Da’wah.

Menurut Zulhas, Dewan Da’wah masuk dalam bagian dari rangkaian silaturahim Idul Fitri kepada tokoh-tokoh Islam, ormas dan pondok pesantren, sekaligus dalam rangka menggalang keberpihakan yang tegas kepada Palestina. Dalam kesempatan itu Zulkifli Hasan mengajak untuk bersama-sama menggaungkan dukungan dan solidaritas untuk Palestina.

“Ini tidak bisa dibenarkan. Kita harus tegas dan wajib membela Palestina. Negara ini yang pertamakali mengakui kemerdekaan Indonesia,” tegasnya. “Saya dan teman-teman dari DPP PAN sengaja mengenakan syal berbendera Palestina ini sebagai simbol keprihatinan dan dukungan penuh untuk Palestina. Dan Insya Allah akan tetap mengenakan syal ini selama Palestina masih perlu pembelaan,” ujar Zulkifli Hasan menyatakan tekadnya.

Menurutnya, membela Palestina adalah amanat konstitusi. Dalam konstitusi ditegaskan bahwa penjajahan di dunia harus dihapuskan.

“Jelas tertulis dalam pembukaan UUD 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Bangsa Indonesia harus membela Palestina yang terjajah, tidak ada pilihan lain. Harus tegas,” kata Zulkifli Hasan.

Ketua Umum Dewan Da’wah, Dr. Adian Husaini sepakat dengan pernyataan Zulkifli Hasan. Ia pun menyatakan keprihatinan atas fenomena berupa banyaknya dukungan kepada Israel di tengah masyarakat. Menurutnya fenomena demikian perlu diwaspadai karena berpotensi perpecahan.

“Bagaimana bisa, Presiden Joko Widodo secara tegas membela Palestina, tetapi di dalam masyarakat dukungannya terpecah ke Palestina dan ke Israel”.

Mendukung Israel sama juga dengan mendukung kejahatan kemanusiaan.

“Dan dibalik itu, kita yakin ini ada yang mengkondisikan untuk terjadinya perpecahan bangsa,” jelasnya, sambil menarasikan situasi masyarakat di Papua yang begitu terang benderang mengibarkan bendera Israel di jalan-jalan dan tertempel di setiap pintu rumah warga Papua.

Dibalik ajakan Zulkifli Hasan, persoalan Palestina dan kejahatan kemanusiaan Israel menjadi telah menjadi sorotan bersama. Dewan Da’wah mengambil langkah-langkah dukungan terhadap Palestina, baik melalui pernyataan sikap kepada Pemerintah, pernyataan sikap dan dukungan untuk Palestina, bantuan sosial dan ekonomi, maupun melalui penyelenggaraan beberapa webinar yang di inisiasi Ketua Umum Dewan Da’wah terkait Palestina dan penggambaran kekejaman Israel.

Beberapa tema lain dibicarakan dalam kesempatan silaturahim Zulkifli Hasan bersama DPP PAN ke Pengurus Dewan Da’wah, diantaranya mengenai fokus kerjanya, baik sebagai Wakil Ketua MPR RI maupun misi politik Partai Amanat Nasional.

Zulkifli Hasan menceritakan kedekatan dan keterkaitannya dengan Dewan Da’wah sejak masih berusia 36 tahun dan sempat mengenal Mohammad Natsir meski perkenalannya singkat. Beberapa dukungannya untuk Dewan Da’wah, diantaranya menggolkan pengakuan negara (pada masa SBY menjabat Presiden RI) bersama Hatta Rajasa atas kepahlawanan Mohammad Natsir, dukungan ketika peristiwa peruntuhan gedung World Trade Center di New York, Amerika Serikat (peristiwa 911) yang menyebabkan mata dunia menunjuk Islam sebagai sebab tunggal yang imbasnya sampai ke Dewan Da’wah.

Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah, KH. Abdul Wahid Alwi, MA, dalam kesempatan silaturahim siang itu menyampaikan rasa terimakasihnya atas banyaknya keterlibatan Zulkifli Hasan membandtu Dewan Da’wah dalam banyak situasi.

“Beliau juga tokoh dibalik pendirian Biro Umroh dan Haji Hudaya Safari yang dikelola Dewan Da’wah, dan memenangkan H. Satono, kader PAN sekaligus Da’i Dewan Da’wah menjadi Bupati Sambas,” ujar Ust. Abdul Wahid Alwi.

Rep: YD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *